Sukses

Tari Gandrung Banyuwangi Mentas di Kampus Bergengsi Taiwan, Bupati Ipuk Bangga

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku bangga seni dan tradisi Banyuwangi digemari masyarakat internasional.

Liputan6.com, Banyuwangi - Tarian tradisional Banyuwangi Gandrung mentas di perayaan ulang tahun National Chung Hsing University (NCHU), salah satu kampus bergengsi di Taiwan.

Tari Gandrung dibawakan oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yang tergabung dalam perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) dalam perayaan HUT NCHU ke 103, pada Sabtu 29 Oktober 2022 lalu.

NCHU merupakan salah satu kampus favorit di Taiwan. Kampus ini tak hanya favorit bagi masyarakat Taiwan, melainkan juga mahasiswa dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Sejak tahun 1919, NCHU adalah salah satu kampus terbaik di dunia yang berfokus di bidang pertanian. Kampus ini juga memiliki banyak departemen, seperti College of Law and Politics, College of Agriculture and Natural Resources, College of Management, College of Life Sciences, hingga The College of Electrical Engineering and Computer Science (EECS).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku bangga seni dan tradisi Banyuwangi digemari masyarakat internasional.

"Terima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung pelestarian dan memperkenalkan seni dan budaya Banyuwangi di kancah Internasional," kata Ipuk, Rabu  (1/11/2022).

Salah satu mahasiswa NCHU asal Indonesia, Mabrur, mengungkapkan penampilan tari gandrung di NCHU ini merupakan yang perdana di kampus di Taiwan. Dia berharap ke depan kegiatan yang menghadirkan budaya Indonesia bisa kembali digelar di setiap kegiatan kampus.

“Selain belajar, kami ingin memberikan dedikasi untuk Indonesia. Kegiatan ini menjadi media promosi budaya Indonesia, serta memperkuat persaudaraan antar pelajar yang merantau di luar negeri. Ini persembahan kami untuk negeri tercinta,” ungkap Mabrur yang tengah menempuh Pendidikan S2 Master Program of Agricultural Economics and Marketing di NCHU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Festival Gandrung Sewu 2022

Mambrur mengatakan menghadirkan pertunjukan tari Gandrung di Ulang Tahun NCHU juga untuk ikut merayakan pagelaran Festival Gandrung Sewu 2022, di Pantai Marina Boom, yang juga digelar 29 Oktober 2022.

“Sebagai obat kangen tanah kelahiran. Meski sederhana kami di tempat rantau juga bisa menyaksikan langsung tarian Gandrung,” kata Mabrur yang juga panitia kegiatan tersebut.

Rangkaian Acara HUT NCHU di awali dengan parade berjalan dari Sport Center menuju Gedung Humanities kampus NCHU dengan peserta menggunakan pakaian adat tradisional dari negara masing-masing; seperti Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Belize, Pakistan, Nepal, Malaysia, Thailand, India, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.