Sukses

Rekrutmen PPK Banyuwangi Dibuka, Difabel Dipersilakan Daftar

Liputan6.com, Banyuwangi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi membuka rekrutmen anggota Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK). Penyadang disabilitas dipersilakan mendaftar dengan syarat bisa mengerjakan tugas kepemiluan di tingkat Kecamatan.

Sedangkan untuk pendafataran dari kalangan difabel prosedurnya sama dengan jalur umum. Untuk pendaftaran PPK sendiri sudah dibuka mulai 20 November hingga 29 November 2022.

“Untuk syaratnya sama minimal berijazah SMA atau sederajad. Dan sesuai aturan difabel diperbolehkan mendaftar sebagai calon PPK,” ujar Wakil Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPUD Banyuwangi Ari Mustofa, Selasa (22/11/2022).

Dalam proses pendaftaran PPK, calon anggota PPK bisa menggunakan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). Dengan aplikasi tersebut pendaftar langsung terdeteksi secara  otomatis.

“Artinya jika pendaftar tercatat sebagai anggota partai politik (parpol) secara otomatis akan ditolak oleh sistem. Selain itu jika pendaftar tidak termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sistem juga akan menolaknya,” tambah Ari.

Kata Ari, jika pendaftar masuk sipol namun karena dicatut namanya yang bersangkutan bisa melakukan klarifikasi. Dan jika belum terdaftar DPT bisa langsung diurus terlebih dahulu kemudian mendaftar PPK.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Sediakan Tim Bantu Mendaftar PPK

Selain dari kalangan difabel, KPU juga telah memberikan kuota pendaftaran bagi perempuan hingga 30 persen.

"Kuota 30 persen bagi perempuan juga kita sediakan di setiap kecamatan dan mudah-mudahan t erpenuhi," paparnya.

Untuk kebutuhan tenaga PPK mencapai 125 orang untuk 25 kecamatan di Banyuwangi. Hingga hari ketiga pendaftaran tercatat sudah ada sekitar 300 pendaftar yang sudah memasukan lamaranya.

Dengan Sistem SIAKBA ini, KPU memprediksi , para calon anggota PPK akan mendaftar lebih awal.

“Bagi yang kesulitan mendaftar dari rumah bisa datang langsung ke kantor KPUD, nantiny ada tim yang akan itu membantu,”pungkas Ari Mustofa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.