Sukses

Khofifah: Jatim Siap Bantu Pemprov Jawa Barat Tangani Gempa Cianjur

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka cita mendalam terhadap musibah gempa di Cianjur yang merenggut banyak jiwa, pada Senin 21 November 2022.

 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, saya menyampaikan dukacita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga korban meninggal dunia dan korban luka-luka," ujarnya dikutip dari akun media sosialnya, Selasa (22/11/2022).

Khofifah berdoa semoga seluruh korban meninggal dunia mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan seluruh korban luka-luka segera mendapatkan kesembuhan.

"InsyaAllah, Pemprov Jatim siap membantu Pemprov Jawa Barat jika sewaktu-waktu dibutuhkan," ujarnya.

Saat ini, Pemprov Jatim tengah berkomunikasi dengan Pemprov Jawa Barat terkait berbagai kebutuhan yang mendesak untuk segera dipenuhi selama masa tanggap darurat. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Beri Bantuan

Pemerintah akan memberikan bantuan kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Pemberian bantuan itu dibagi menjadi tiga kategori. Bagi rumah yang rusak berat diberikan Rp50 juta, rusak sedang Rp20 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

"Yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang diberikan bantuan Rp 20 juta dan yang ringan diberikan bantuan Rp10 juta," kata Presiden Joko Widodo di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Jokowi menyebut, yang terpenting pembangunan rumah terdampak gempa bumi diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan anti gempa. Sebab, gempa yang terjadi di Cianjur muncul 20 tahun sekali.

"Karena tadi isampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah anti gempa," ucapnya.

Jokowi pun cukup senang akses jalan yang tertimbun longsor imbas gempa sudah bisa dibuka. Selanjutnya, tim bisa fokus melakukan evakuasi korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Khofifah