Sukses

Gelar Silaturahmi Nasional, Relawan Jokowi Doa Bersama dan Galang Donasi Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan ribu relawan Jokowi akan menggelar Silahturahmi Nasional (Silatnas) "Nusantara Bersatu" di Gelora Bung Karno, Senayan pada Sabtu, 26 November 2022.

Ketua Umum Solidaritas Merah Putih Silfester Matutina yang juga salah panitia menyatakan, sebenarnya acara ini sudah digagas sebulan lalu. Pihaknya secara khusus sudah meminta Presiden Jokowi hadir memberikan wejangan mengenai capaian dan tantangan bangsa ke depannya.

Pihaknya juga ingin mendapat 'pencerahan' dari presiden soal Indonesia Emas 2045 dan Posisi Indonesia di mata dunia setelah gelaran G20 dan KTT Apec.

"Tapi dikarenakan menuju pelaksanaan Hari H terjadi gempa Cianjur, maka Panitia memutuskan juga akan ada doa bersama khusus untuk Cianjur dan pengumpulan dana untuk membantu saudara- saudara kita yang tertimpa musibah," ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Dia menyatakan, setelah gempa pada Senin, 21 November 2022, pihaknya di Cianjur juga sudah ikut membantu evakuasi korban yang meninggal dan luka luka dan sudah membuat dapur umum dan posko pengungsiaan, serta mengirim ambulans dengan berbagai pihak.

"Tidak sedikit relawan yang berdomisili di Cianjur turut menjadi korban termasuk dari anggota dan Pengurus Solmet DPD Cianjur. Tapi mereka juga masih tetap bahu membahu menolong para korban lainnya," ujarnya.

Sebagian relawan bahkan akan tinggal di Cianjur dari sekarang hingga Silatnas  berlangsung, bahkan sampai tanggap darurat gempa dinyatakan selesai.

"Doa bersama untuk Cianjur akan dipimpin oleh Habib Lutfi Bin Yahya dan pengumpulan donasi akan dibuka untuk seluruh peserta hingga Presiden Jokowi dan juga masyarakat umum," jelasnya.

Pihaknya mengapresiasi semua  pihak yang sudah turun membantu sejak awal terjadinya gempa di Cianjur, terlebih kepada Presiden Jokowi juga cepat merespons dan terjun langsung mengunjungi para korban bencana dan berjanji akan membangun kembali semua bangunan yang rusak akibat gempa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.