Sukses

Sejumlah Rumah di Situbondo Rusak Ringan Terdampak Gempa Probolinggo

Liputan6.com, Situbondo Gempa berkekuatan 4,1 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Probolinggo pada Rabu (23/11/2022) malam, juga dirasakan sejumlah desa di Kabupaten Situbondo.

“Iaya betul warga wilayah barat Situbondo juga merasakan getaran gempa. Seperti di Kawasan Besuki perbatasan Situbondo- Probolinggo,”ujar Kabit Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo Gatot Trikorawan, Kamis (24/11/2022).

Kata Gatot, gempa yang menguncang Kabupaten Probolinggo itu juga dirasakan di beberapa desa di Kecamatan Banyuglugur, Jatibanteng dan Sumbermalang.

Berdasarkan hasil laporan sementara, ada beberapa rumah warga rusak ringan yang disebabkan guncangan gempa  bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Probolinggo tersebut.

“Informasi dari petugas BPBD di lokasi untuk sementara kami terima ada rumah warga yang rusak ringan terkelupas kulit bangunan rumahnya. . Kalau rumah rusak berat untuk sementara masih belum ada laporan," ujarnya.

Gatot mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertangungjawabkan.

“Kami juga meminta kepada masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak ataupun rusak untuk mengantisipasi ada gempa susulan,”paparnya.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya mengeluarkan data. Gempa bumi yang memiliki kekuatan 4,1 SR  terjadi sekitar pukul 17.45 Wib, dan lokasinya di darat 14 kilometer timur laut Kabupaten Probolinggo pada kedalaman 6 kilometer.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.