Sukses

13 Relawan Nakes Lumajang Meluncur ke Cianjur Bantu Korban Gempa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mengirimkan sejumlah relawan kesehatan untuk membantu para korban bencana gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Liputan6.com, Lumajang - Pemkab Lumajang mengirimkan sejumlah relawan kesehatan untuk membantu para korban gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, berterima kasih kepada para relawan kesehatan yang sudah memberikan waktunya untuk misi kemanusiaan. Harapannya, misi kemanusiaan tersebut bisa membantu dan memberikan manfaat bagi para korban terdampak gempa bumi di Cianjur.

"Hari ini kita memberangkatkan 13 orang relawan di Dinas Kesehatan, ada dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, farmasi, dan juga kesehatan lingkungan. Kita pastikan keberadaan mereka nantinya bisa membantu dan memberikan manfaat saat ada di lokasi," ujarnya, Jumat (2/12/2022).

Indah meminta relawan Lumajang setelah sampai di Cianjur koordinasi dengan petugas medis yang terlebih dahulu berada di lokasi.

Beberapa waktu yang lalu, Kwarcab Pramuka Lumajang juga memberangkatkan sedikitnya 7 orang tim Pramuka Peduli ke Cianjur.

"Sebetulnya yang mau ikut banyak, tetapi kami harus selektif sehingga bisa spesifik sesuai dengan kebutuhan di lapangan supaya di sana tidak hanya menjadi penonton, tetapi dengan segala profesi dan skillnya bisa bermanfaat dan membantu ketika di lokasi," katanya.

Indah juga berpesan kepada para relawan yang berangkat untuk selalu menjaga kesehatan dan berhati-hati dalam proses membantu.

"Kalau tim kesehatan sudah jelas fungsinya untuk membantu dalam sektor kesehatan. Sementara tim Pramuka kita tempatkan bersama tim SAR dan BPBD yang ada disana untuk evakuasi," terangnya.

Pengiriman tim kesehatan ke Cianjur selama 10 hari dan akan terus dilakukan evaluasi, sembari menunggu perkembangan kondisi di lapangan. Dengan begitu, hasil dari evaluasi bisa digunakan untuk memutuskan apakah nantinya akan ada pemberangkatan tim kesehatan tahap kedua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.