Sukses

Sejumlah Desa di Banyuwangi Mulai Gunakan Arsip Digital, Bebas Jamur dan Lapuk

Ipuk sendiri telah melihat proses digitalisasi arsip di sela-sela rangkaian program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, pada 30 November 2022 lalu.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sejumlah desa di Banyuwangi mulai menerapkan arsip digital. Berbagai dokumen penting yang sebelumnya disimpan dalam bentuk fisik, kini diarsipkan secara digital. Utamanya dokumen kepemilikan tanah, seperti Letter C, Krawangan, dan Peta Blok.

"Pengalihan dokumen-dokumen penting ke digital, memang diperlukan untuk menghindari kerusakan atau hilang. Misalnya terjadi bencana, dokumen-dokumen vital desa akan terhindar dari resiko kerusakan seperti yang terjadi pada dokumen kertas. Misalnya robek, berjamur, atau lapuk," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (7/12/2022).

Ipuk sendiri telah melihat proses digitalisasi arsip di sela-sela rangkaian program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, pada 30 November 2022 lalu.

"Ini menjadi solusi untuk pengelolaan dokumen yang jauh lebih efektif. Desa pastinya juga akan sangat terbantu," kata Ipuk

Desa Wringin Putih merupakan salah satu desa yang telah melakukan alih media penyimpanan arsip vital desa. Sejumlah arsip Letter C milik warga setempat di-scan lalu disimpan dalam bentuk file.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Banyuwangi Zen Kostolani menjelaskan, digitalisasi arsip merupakan bagian dari upaya penyelamatan dokumen strategis di desa. Dari aspek keamanan dan keawetan, kata dia, penerapan arsip digital jauh lebih terjamin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belasan Desa Terapkan Arsip Digital

Ditambakan dia, program alih media arsip vital desa ini telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

"Saat ini ada 15 desa yang sudah menerapkan arsip digital. Kita akan terus geber program ini, secara bertahap seluruh desa bisa menerapkan program ini sehingga arsipnya menjadi aman dan tertata lebih rapi," kata Zen.

Sementara itu, Kepala Desa Wringin Putih, M. Nur Hadi, mengatakan sangat antusias dengan program digitalusasi arsip ini. Menurutnya, ini akan meningkatkan kemananan dokumen-dokumen penting yang dimiliki warga.

"Kami senang dengan program ini, termasuk aparat-aparat kami antusias untuk ikut pelatihannya. Arsip yang dibutuhkan sewaktu-waktu pun, kita mencari file-nya lebih mudah dibanding arsip fisik," kata Nur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.