Sukses

VIDEO: Siswa di Jember Antusias Eksperimen Hari Tanpa Bayangan

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena unik hari tanpa bayangan atau kulminasi, menarik perhatian tersendiri bagi puluhan siswa di Jember, Jawa Timur. Mereka melakukan eksperimen sederhana, untuk membuktikan fenomena alam yang langka tersebut. Bagaimana eksperimen itu?

Fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan di Jember, Jawa Timur, terjadi Senin siang 14 Oktober 2019, tepat pukul 11.11 WIB. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, puluhan siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember, melakukan eksperimen sederhana sebagai pembuktian fenomena unik yang hanya terjadi dua kali dalam satu tahun.

Dengan menggunakan objek peralatan sederhana berbentuk tegak lurus, seperti alat tulis dan fas bunga, para siswa mengamati detik demi detik bayangan yang dihasilkan oleh objek.

Tepat pukul 11.11 WIB, bayangan objek perlahan menghilang. Fenomena ini terjadi akibat matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa atau titik Zenith, yang menyebabkan bayangan pada benda tegak tidak terlihat.

Selain menambah pengetahuan di bidang Astronomi, para siswa antusias dengan eksperimen ini. Fenomena kulminasi sendiri di Indonesia hanya terjadi 2 kali dalam satu tahun, tepatnya sekitar Maret dan September. Letak geografis Jember yang berada pada garis lintang 7 derajat membuat fenomena hari tanpa bayangan terjadi Senin, 14 oktober 2019, pukul 11.11 WIB.

Fenomena kulminasi biasa ditandai dengan suhu udara yang lebih panas dibandingkan biasanya, karena terjadi pada puncak siklus musim kemarau.

Berikut liputannya pada Fokus, Selasa, 15 Oktober 2019