Sukses

VIDEO: Polisi Lumpuhkan Begal Perampas Motor Guru SD di Pasuruan

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pelaku begal motor di Pasuruan Jawa Timur, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba kabur, saat hendak menunjukkan tempat menyembunyikan barang hasil kejahatannya, pada Rabu siang 16 Oktober. Sebelum diringkus, pelaku bersama anggota begal lainnya, beraksi merampas sepeda motor seorang guru sekolah dasar (SD).

Dalam video amatir berdurasi hampir 2 menit, terekam detik-detik saat Tim Buser menggerebek rumah pelaku berinisial S, di Desa Wates Kecamatan Lekok Pasuruan. Selain hendak meringkus pelaku S, polisi juga mendapat petunjuk dari tersangka AI, terkait tempat menyimpan barang bukti hasil begal.

Setelah lama diburu polisi, pelaku begal sadis AI, berhasil diringkus anggota Buru Sergap (Buser) Polres Pasuruan bersenjata laras panjang. Tim Buru Sergap, terpaksa melumpuhkan pelaku dengan tembakan terarah di bagian kakinya, karena mencoba kabur saat hendak menunjukkan rumah pelaku lainnya.

Di rumah pelaku S, polisi menemukan sejumlah barang bukti berupa sepeda motor yang sudah dipreteli, dan disembunyikan di dalam jamban. Di tempat itu juga ditemukan sepeda motor milik seorang guru sekolah dasar yang dibegal pelaku beberapa pekan lalu. Tim Buser menahan AI di Mapolsek Lekok, untuk memudahkan proses pengembangan lebih lanjut.

Sebelum diringkus, AI dan komplotannya beraksi terakhir kali di Jalan Plalaan, Desa Wates Kecamatan Lekok Pasuruan. Saat itu mereka membegal seorang guru SD, yang baru saja pulang dari mengajar.

Dari hasil pengembangan sementara, polisi mengamankan beberapa barang bukti di antaranya, 1 buah handphone, kartu PGRI milik korban, 1 buah celurit dan badik milik pelaku, serta sepeda motor pretelan. Demikian diberitakan program Fokus, 18 Oktober 2019.