Sukses

VIDEO: Beragam Kegiatan Warga Warnai Peringatan Hari Pahlawan

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Di Surabaya, siswa SD Muhammadiyah 16 menyuapi makan para veteran sebagai bentuk rasa hormat.

Sementara di Tuban, seorang Ketua RT dijadikan pahlawan sampah oleh warga atas kerja kerasnya menyulap kampung nelayan yang kumuh dan berbau, menjadi kampung warna-warni yang bersih, dan mengolah sampah plastik untuk membangun tanggul penahan ombak laut.

Suasana tak biasa terjadi di SD Muhammadiyah 16, Jalan Barata Jaya Gubeng, Surabaya. Para siswa diajak mengenal lebih dekat dengan para veteran yang sengaja diundang ke sekolah.

Selain bercengkerama dan makan bersama, para siswa juga menyuapi veteran sebagai bentuk hormat, dan meneladani perjuangannya yang tanpa pamrih berjuang membebaskan Indonesia dari tangan penjajah. Berikut seperti diberitakan Fokus, 11 November 2019.

Sementara itu, Widodo seorang Ketua RT di Tuban dijadikan pahlawan sampah oleh warga, lantaran perjuangannya yang berhasil menyulap kampung nelayan Karangsari yang kumuh dan berbau, menjadi kampung warna-warni dan bersih. Serta mengolah sampah plastik menjadi ecobrick, untuk membangun tanggul penahan ombak laut.

Warga di kampung nelayan ini setiap harinya mengumpulkan sampah plastik yang diolah sebagai bahan pembuatan tanggul penahan ombak. Bank sampah tersebut dikelola istri nelayan.

Kini perjuangan Widodo, mulai nampak dan banyak warga mendukung, lantaran dari perjuangannya lah warga sekitar, dapat mengolah sampah menjadi barang yang berguna. Serta bermanfaat bagi warga, dan nelayan.

Dari sampah inilah Widodo bersama warga, kini terus belajar bagaimana membuat inovasi memanfaatkan sampah, sehingga dapat menginspirasi kampung lainnya untuk dapat mengubah sampah menjadi hal berguna.