Sukses

VIDEO: Takmir Masjid Nurul Jannah Gresik Daur Ulang Sisa Air Bekas Wudhu

Liputan6.com, Jakarta - Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga memiliki fungsi kemakmuran masyarakat sekitar, di antaranya dengan budidaya tanaman dan ikan, seperti yang dilakukan Takmir Masjid Nurul Jannah Gresik, Jawa Timur.

Uniknya, kebun sayur dan kolam ikan, eco masjid menggunakan daur ulang sisa air bekas wudhu. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 13 Desember 2019.

Kebun sayur dan kolam ikan ini memanfaatkan daur ulang sisa air bekas wudlu, di Masjid Nurul Jannah, Gresik, Jawa Timur. Kebun budidaya tanaman dan ikan dikenal dengan eco masjid ini, memanfaatkan lahan kosong, bekas pembuangan sampah, di sekitar masjid/ yang selama ini terabaikan.

Selain menghadirkan suasana sejuk dan rindang, hasil panen kebun budidaya ini, juga memberikan penghasilan tambahan bagi marbot masjid dan puluhan abang becak yang bertugas merawat kebun. 

Pola pengairan memanfaatkan air bekas wudlu, ditampung dan disaring di bak penampungan, kemudian dialirkan melalui instalasi pipa.

Warga dan jamaah masjid merasa senang dan mengapresiasi inovasi takmir masjid, karena membuat suasana masjid menjadi lebih sejuk dan hijau, sehingga jamaah semakin khusuk beribadah. Selain beribadah, jamaah juga bisa memetik sendiri buah segar hasil kebun, juga membeli bibit tanaman sayur untuk dibawa pulang dan ditanam di rumah.

Keberhasilan inovasi takmir Masjid Nurul Jannah Gresik, mampu menjadikan masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah tapi berwawasan lingkungan. Sebagai sarana pembelajaran pertanian, serta memberikan manfaat ekonomis bagi warga sekitar.