Sukses

VIDEO: Warga Rela Antre demi Dapat E-KTP di Kantor Dispendukcapil Mojokerto

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan warga di Mojokerto, Jawa Timur, Selasa pagi, berdesak-desakan dan rela mengantre hingga berjam-jam untuk mengambil e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

Hal itu dilakukan, karena warga khawatir tidak dapat mencetak e-KTP akibat terbatasnya jumlah blangko e-KTP yang disediakan oleh Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto.

Antrean panjang, pada Selasa pagi, terlihat di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ratusan warga harus rela mengantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan blangko e-KTP. Saking banyaknya pemohon, mereka pun harus berdesak-desakan di depan pintu masuk ruang pelayanan untuk menunggu giliran dipanggil sesuai nomer urut antrian.

Bahkan di antara para pemohon e-KTP ada yang membawa anak-anak balitanya ikut antri dan berdesakan. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, (22/1/2020).

Para pemohon khawatir tidak kebagian karena terbatasnya jumlah ketersediaan blangko e-KTP. Untuk bisa mendapatkan e-KTP, pemohon harus membawa dan menukarkan surat keterangan pengganti e-KTP yang sebelumnya diterbitkan oleh Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto.

Pada pembagian e-KTP kali ini, Dispendukcapil setempat mencetak 12.095 lembar blangko untuk pemohon yang mengurus e-KTP pada Mei hingga Juli 2019. Untuk pemohon yang belum mendapat e-KTP, akan dicetakkan pada periode selanjutnya. Karena saat ini Dispendukcapil masih menunggu kiriman blangko dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.