Sukses

7 Wisata Air Terjun di Tuban, Sejuk dan Segarkan Pikiran

Tuban memiliki wisata air terjun yang tak boleh dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Tuban merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang juga berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kabupaten Tuban berbatasan langsung dengan Rembang di sebelah barat, Lamongan di sebelah timur, dan Bojonegoro di sebelah selatan.

Tuban dilintasi jalur Pantai Utara dengan deretan pegunungan Kapur Utara. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Karena berada di kawasan Pantai Utara, Tuban dikenal memiliki jajaran pantai yang memesona.

Namun, tak cuma pantai yang bisa dijelajahi di kota seribu goa ini. Tuban juga memiliki destinasi air terjun yang tak kalah memesona. Deretan air terjun ini berada di pegunungan dan hutan yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk pantura yang panas.

Wisata air terjun ini bisa jadi alternatif berlibur di akhir pekan. Berikut 7 wisata air terjun di Tuban yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (1/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip berada di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter ini dikelilingi pepohonan yang hijau dan rimbun. Pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang sangat indah. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi populer di Tuban.

Nama ‘Nglirip’ diambil dari nama puteri yang dipercaya arwahnya masih mendiami gua yang berada di dinding air terjun. Warga sekitar percaya gua tersebut digunakan sang putri untuk bertapa saat patah hati cintanya tidak direstui. Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini terlarang bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan atau calon pengantin. Konon, pasangan yang mengunjungi air terjun ini akan terpsah kurang dari 40 hari setelah mengunjungi air terjun ini.

3 dari 8 halaman

Air Terjun Bongok

Air Terjun Bongok berada di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Air terjun ini berada di tengah hutan jati dan perbukitan kapur. Air terjun ini cukup tersembunyi dan hanya dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua.

Meski begitu, keindahan Air Terjun Bongok sangat memanjakan mata. Air terjun ini juga sudah cukup populer di masyarakat sekitar. Pada akhir pekan banyak orang yang menghabiskan waktu di air terjun ini menikmati keasrian dan hijaunya panorama sekitar air terjun.

4 dari 8 halaman

Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun Wukirharjo berada di Wukirharjo, Parengan, Tuban. Akses menuju air terjun ini cukup rumit, namun akan terbayar saat melihat keindahan air terjun dengan hijaunya pepohonan asri. Air terjun ini dikelilingi tebing berwarna kuning dengan pepohonan hijau yang rimbun.

Air Terjun Wukirharjo dapat ditempuh kurang lebih 1 jam atau 36 km dari pusat kota Tuban. Meski sulit diakses, air terjun ini tetap dikunjungi wisatawan yang hendak menyaksikan eksotisnya air terjun yang asri ini.

5 dari 8 halaman

Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan berada di Nganget, Kedungjambe, Singgahan, Tuban. Meski tak sepopuler Air Terjun Nglirip, air terjun ini bisa jadi alternatif wisata di Tuban. Air terjun ini berada tak jauh dari sumber mata air hangat Dusun Nganget.

Airnya yang jernih dan segar bisa digunakan untuk berendam dan bermain air. Air akan mengalir deras khususnya pada musim hujan, membuat air terjun ini begitu sejuk untuk dinikmati.

6 dari 8 halaman

Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban. Air terjun ini menawarkan perpaduan panorama hijaunya pepohonan dan putihnya perbukitan kapur. Air Terjun Banyu Langse berada tak jauh dari pusat kota Tuban dan memiliki akses yang mudah dijangkau.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati 3 pemandangan air terjun sekaligus yang masih sangat asri. Air terjun ini memilki ketinggian sekitar 10 meter dengan kedalaman kolam kurang lebih 5 meter.

7 dari 8 halaman

Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan berada di Ngulahan, Tambakboyo, Tuban. Untuk menuju lokasi Air Terjun Gajahan pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 37 kilometer atau 1 jam, perjalanan dari pusat kota Tuban.

Air terjun ini memiliki panorama bebatuan besar yang eksotis dan masih sangat asri. Air Terjun Gajahan dikelilingi hutan yang hijau dengan udara segar dan menenangkan.

8 dari 8 halaman

Air Terjun Kedung Bonjor

Air Terjun Kedung Bonjor berada di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Tuban. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan ketinggian 5 meter saja. Air Terjun Kedung Bonjor dikelilingi oleh hutan yang masih sangat sejuk dan segar.

Kolam di air terjun ini sangat cocok untuk mandi, berendam atau sekadar bermain air. Air Terjun Kedung Bonjor juga kerap dijadikan tempat berfoto karena latar belakangnya yang sangat indah dan memesona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.