VIDEO: Pipa Induk PDAM Probolinggo Rusak Hambat Kebutuhan Air Ribuan Warga

VIDEO: Pipa Induk PDAM Probolinggo Rusak Hambat Kebutuhan Air Ribuan Warga

Belasan ribu warga yang berdomisili di Probolinggo, Jawa Timur, hampir sepekan ini dibuat resah dengan terhentinya aliran air PDAM. Hal ini akibat pipa induk PDAM di sumber mata air Ronggojalu mengalami pecah dan rusak parah. Hingga Rabu siang, sejumlah instansi berupaya mendistribusikan bantuan air bersih ke warga.

Sejak sepekan terakhir, ratusan warga di sejumlah kelurahan di Probolinggo, Jawa Timur harus antre untuk mendapatkan air bersih. Hal ini terjadi sejak pipa induk PDAM mengalami kerusakan parah.

Kondisi ini tentu saja membuat pemerintah daerah setempat kelabakan, lantaran sekitar 19 ribu lebih pelanggan air PDAM resah karena terganggu aktivitasnya.

Sejumlah instansi akhirnya turun tangan untuk membantu mendistribusikan air bersih gratis, ke sejumlah titik di 29 kelurahan di 5 kecamatan. Berikut video liputannya pada Liputan6, 13 Februari 2020.

Pipa induk sumber mata air Ronggojalu yang kondisinya rusak parah, hingga Rabu siang masih dalam tahap perbaikan. Dua pipa induk yang berusia puluhan tahun itu pecah secara bersamaan hingga aliran distribusi terhenti.

Terbatasnya peralatan dan sulitnya penggantian pipa sejenis diduga menjadi kendala utama. Petugas PDAM sebenarnya telah memperbaiki, tapi akhirnya pecah kembali dengan kondisi yang lebih parah hingga saat ini.

Diperkirakan perbaikan pipa induk ini akan selesai dalam kurun waktu sepekan ke depan, bergantung pada ketersediaan pipa pengganti sejenis. Sementara bantuan air bersih itu, juga terus distribusi hingga pipa induk yang rusak selesai diperbaiki.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 17 February 2020, 14:23 WIB

Video Terkait

Spotlights