Sukses

VIDEO: Mengaku Penyidik Polda Jatim, Pria di Nganjuk Tipu Seorang Janda

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria nekat menjadi polisi gadungan berpangkat Iptu bertugas sebagai polisi penyidik Polda Jatim. Hal itu dilakukan pelaku untuk memperdaya seorang wanita dan memeras harta korban. Pelaku ditangkap polisi, saat menjual mobil korban di wilayah Nganjuk.

Tersangka FA, warga asal Mojokerto ini harus berurusan dengan aparat Polres Nganjuk, karena nekat mengaku sebagai anggota polisi berpangkat Iptu yang berdinas di Polda Jatim sebagai penyidik.

Guna meyakinkan korban pelaku melengkapi diri dengan ID polisi dan satu buah airsoft gun, dan kartu anggota polisi palsu. Modusnya dengan menyaru sebagai polisi, pelaku berupaya memikat hati korban seorang wanita. Kemudian pelaku meminta uang ke korban Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta dengan berbagai alasan.

Puncaknya pelaku bahkan nekat menjual mobil korban senilai Rp 24 juta di kawasan Bagor, Nganjuk. Hasil penjualan mobil dibawa kabur pelaku. Sehingga korban yang geram, akhirnya melapor ke polisi. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 18 Februari 2020.

Polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit airsoft gun, satu kartu polisi palsu, dan satu lencana penyidik polisi palsu. Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP juncto Pasal 372 KUHP Tentang Penipuan dan Penggelapan, ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.