Sukses

Deretan Kabar Baik dari Jawa Timur Sambut Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona COVID-19 secara tidak langsung mendorong untuk menciptakan kreativitas. Hal ini terutama berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan, salah satunya pelaksanaan wisuda.

Di tengah pandemic COVID-19, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur menggelar wisuda ke-121 secara luring dan daring pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Saat wisuda secara hybrid itu, ITS menghadirkan sebuah prosesi wisuda virtual kali pertama yang dirancang dengan menggunakan Minecraft, sebuah jenis permainan virtual merancang balok-balok.

Salah satu dosen Departemen Teknik Informatika ITS yang mengembangkannya yaitu Hadziq Fabroyir. menuturkan, jika membuat bangunan gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual itu menggunakan Minecraft Education Edition yang telah dilanggan oleh ITS.

Kabar lainnya juga, ITS pertahankan peringkat empat besar kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics periode Juli 2020. Sekretaris Institut ITS Dr Suhartono menuturkan, peringkat ITS mengalami kenaikan dalam enam bulan.

Kendati tetap di peringkat empat se-Indonesia, peringkat dunia ITS meningkat dari peringkat 1.319 menjadi 1.210 dunia. Pencapaian peringkat ini didasarkan atas ITS memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri dari empat indikator antara lain presence, visibility, openness dan excellence.

Kabar baik lainnya yaitu salah satu siswi SMA Negeri 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur, Dhea Lukita Andriana (18) kembali terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 yang bertugas sebagai pengibar bendera pusaka di Istana Negara pada 17 Agustus 2020.

Dia kembali terpilih setelah pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan tahun ini, pemilihan anggota paskibraka ditiadakan dan hanya menugaskan delapan anggota Paskibraka 2019 sebagai pengibar dan penurun bendera pusaka di Istana Negara pada perayaaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020, dilansir dari Antara.

Berikut sejumlah kabar baik lainnya dari Jawa Timur yang dirangkum pada Sabtu, (8/8/2020):

2 dari 15 halaman

Seluruh Pasien Positif COVID-19 dari Pondok Gontor 2 Dinyatakan Sembuh

Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mencatat lima pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni menuturkan, lima pasien dinyatakan sembuh tersebut, empat di antaranya santri Pondok Gontor 2.  Satu pasien sembuh dari COVID-19 lainnya memiliki riwayat pengasuh pondok pesantren di Magelang.

"Dengan demikian seluruh pasien dari PP Gontor 2 telah dinyatakan sembuh. Terima kasih kepada Satgas COVID-19 PP Gontor, RS Lapangan Indrapura, tim kesehatan Pemkab Ponorogo dan seluruh pihak yang telah membantu proses kesembuhan dan seluruh penanganan COVID-19 di lingkungan PP Gontor," ujar Ipong, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu, 2 Agustus 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 15 halaman

G Land, Destinasi Favorit Peselancar Dunia Itu Ada di Banyuwangi

Nama G-Land mungkin terdengar asing bagi wisatawan domestik Indonesia, lain halnya dengan wisatawan mancanegara yang justru akrab dengan nama tersebut.

Ini tempat wisata favorit bagi para peselancar, G-Land atau Pantai Plengkung di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan destinasi yang berkelas internasional.

G-Land berlokasi di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Dianggap sebagai keindahan tersembunyi di balik rimbunnya Alas Purwo. Tempat ini merupakan impian bagi peselancar kelas dunia lantaran ombaknya yang luar biasa menantang.

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 15 halaman

Warga Wonocolo Surabaya Buat Kampung Lalu Lintas Steril COVID-19

Warga Wonocolo RT 03 RW 05 Kelurahan Jemurwonosari Surabaya berinovasi dengan membuat Kampung Lalu Lintas Steril COVID-19 di sekitar wilayah kediaman Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal tersebut dilakukan karena wilayah tersebut menyandang status zona merah. 

Penggagas Kampung Lalu Lintas Steril COVID-19 di Surabaya, Ali (38) menuturkan, ide membuat kampung bertema lalu lintas karena dirinya tidak ingin banyak imbauan yang ditempel di tembok tanpa mengindahkan estetika.

"Saya pilih cara yang simpel atau ringkes dengan mengingatkan warga melalui rambu-rambu covid yang kita pasang di depan pintu masuk kampung," tutur dia, Senin, 3 Agustus 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 15 halaman

Pemkot Kendiri Kembali Dapat Rekor MURI

Ekspor UMKM virtual yang digelar Pemkot Kediri berhasil tercatat di rekor MURI. Kegiatan ini sebagai transformasi UMKM ke penjualan daring untuk memperluas pasar digital.

“Rekor MURI ini bisa menjadi penyemangat UMKM agar lebih maju,” ujar Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, seperti yang dikutip dari Antara, Senin, 3 Agustus 2020.

Senior Manager MURI Sri Widayati mengatakan mengapresiasi Pemkot Kediri yang tak surut berkarya meskipun berada di tengah pandemi. Rekor MURI ini bukan yang pertama kali diterima Kediri.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 15 halaman

Bukit Blego Menyimpan Potensi Wisata Olahraga di Magetan

Bukit Blego yang berlokasi di Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, berpotensi dikembangkan menjadi desa wisata. Wisata minat khusus yang akan ditonjolkan adalah destinasi wisata olahraga paralayang.

“Ini bisa untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar juga,” ujar Kepala Desa Trosono Sumono di Magetan seperti yang dikutip dari Antara, Senin, 3 Agustus 2020.

Ia akan bekerja sama dengan pemerintah desa lainnya di sekitar Trosono, yakni, Sayutan, Bungkuk, dan Ngunut untuk mendongkrak potensi desa wisata tersebut

Berita selengkapnya baca di sini

7 dari 15 halaman

Siswi SMAN 1 Tulungagung Kembali Terpilih Jadi Paskibraka 2020

Salah satu siswi SMA Negeri 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur, Dhea Lukita Andriana (18) kembali terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 yang bertugas sebagai pengibar bendera pusaka di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang.

Dhea yang Senin pagi 3 Agustus 2020 terlihat berkunjung ke kantor Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, merupakan anggota Paskibraka nasional 2019.

Dia kembali terpilih setelah pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan tahun ini, pemilihan anggota paskibraka ditiadakan dan hanya menugaskan delapan anggota Paskibraka 2019 sebagai pengibar dan penurun bendera pusaka di Istana Negara pada perayaaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020, dilansir dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

8 dari 15 halaman

Gelar Wisuda Daring Pertama, ITS Hadirkan Permainan Virtual Minecraft

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar wisuda ke-121 secara luring dan daring pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Saat wisuda secara hybrid itu, ITS menghadirkan sebuah prosesi wisuda virtual kali pertama yang dirancang dengan menggunakan Minecraft, sebuah jenis permainan virtual merancang balok-balok.

Salah satu dosen Departemen Teknik Informatika ITS yang mengembangkannya yaitu Hadziq Fabroyir. Hadziq menuturkan, jika membuat bangunan gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual itu menggunakan Minecraft Education Edition yang telah dilanggan oleh ITS.

Berita selengkapnya baca di sini

9 dari 15 halaman

ITS Pertahankan Peringkat Empat Besar Kampus Terbaik di Indonesia versi Webomatrics

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mempertahankan posisi empat besar kampus terbaik di Indonesia dalam Webometrics Ranking Web of Universities periode Juli 2020.

Webometrics mengukur kemajuan seluruh perguruan tinggi di dunia berdasarkan website perguruan tinggi tersebut. Kemudian dirilis setiap enam bulan sekali. Sekretaris Institut ITS Dr Suhartono menuturkan, peringkat ITS mengalami kenaikan dalam enam bulan.

Kendati tetap di peringkat empat se-Indonesia, peringkat dunia ITS meningkat dari peringkat 1.319 menjadi 1.210 dunia. Pencapaian peringkat ini didasarkan atas ITS memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri dari empat indikator antara lain presence, visibility, openness dan excellence.

Berita selengkapnya baca di sini

10 dari 15 halaman

Pelajar SD-SMP di Surabaya Dapat Akses Pembelajaran lewat Televisi

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng stasiun televisi swasta dalam menyediakan akses literasi pembelajaran melalui daring.

Akses literasi melalui televisi lokal tersebut, dapat dimanfaatkan secara gratis oleh pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan (Dinkes) Kota Surabaya, Supomo mengatakan, meski di tengah pandemi COVID-19, Pemkot Surabaya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi anak-anak. Salah satunya yakni, melalui akses pembelajaran di televisi.

Berita selengkapnya baca di sini

11 dari 15 halaman

Inovasi Cuci Tangan dengan Sensor Infra Merah ala Mahasiswa UM Surabaya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Cahyanigrat Adhi Pratama dan Juni Arif Muzaki membuat inovasi teknologi tepat guna (TTG) untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis domisili. Inovasi itu dinamakan Winner 3 in1.

Inovasi ini berupa cuci tangan, air sabun, dan pengering tangan menggunakan sensor infra merah yang bisa bekerja otomatis.

“Alat ini bisa digunakan tanpa perlu ada sentuhan, jadi mempermudah masyarakat untuk  membiasakan diri hidup bersih dan sehat juga meminimalkan penularan Covid-19 melalui sentuhan,” ujar Adhi di kampus UM Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis, 6 Agustus 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

12 dari 15 halaman

Realisasi Investasi Jawa Timur Capai Rp 51 Triliun pada Semester I 2020

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) mencatat realisasi investasi mencapai Rp 51 triliun pada semester I 2020.

"Alhamdulillah, ini menjadi berita baik bagi perekonomian Indonesia dan Jatim masih menjadi salah satu primadona investasi bagi investor dalam negeri maupun asing," tutur Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu, 5 Agustus 2020, seperti dikutip dari Antara.

Kinerja realisasi investasi Jatim semester I 2020 mencatatkan angka pertumbuhan 59,2 persen (y-o-y), atau melebihi kinerja investasi nasional yang naik di kisaran 1,8 persen (y-o-y).

Berita selengkapnya baca di sini

13 dari 15 halaman

Intip 10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terendah di Surabaya

Sekitar empat kelurahan di Surabaya, Jawa Timur, mempunyai kasus positif terinfeksi virus corona jenis baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19 tinggal satu orang.

"Karena angka kesembuhan yang terus bertambah, maka ada beberapa kelurahan di Surabaya yang angka kasusnya turun," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya, Kamis, 6 Agustus 2020, seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

14 dari 15 halaman

Belajar Daring, Pelajar Manfaatkan Wifi Pendopo Kecamatan Tambaksasi Surabaya

Akses wifi di pendopo Kantor Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur dimanfaatkan oleh para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk belajar daring.

Pendopo ini memang sengaja disiapkan bagi para pelajar yang mengalami kendala, terutama akses internet saat mengikuti proses pembelajaran dari rumah.

Camat Tambaksari Surabaya, Ridwan Mubarun mengatakan, sejak Senin, 3 Agustus 2020, pendopo Kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya ini dimanfaatkan oleh para siswa untuk belajar daring. Pemanfaatan pendopo untuk akses belajar ini dengan menggandeng Karang Taruna Kecamatan.

Berita selengkapnya baca di sini

15 dari 15 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini