Sukses

VIDEO: Hamparan Tanaman Bunga Indah Lereng Ijen Laksana Berada di Jeju

Liputan6.com, Jakarta - Bicara kecantikan alam, di Pegunungan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, seakan tidak ada habisnya. Kontur alam yang dipenuhi deretan pegunungan, tentu saja menyimpan banyak pesona.

Hamparan tanaman bunga di Desa Jampit, Kecamatan Ijen ini misalnya, menyelimuti sejumlah titik di lereng-lereng perbukitan. Berikut video liputannya untuk Anda pada Fokus, 20 September 2020.

Spot ini seolah menggambarkan sisi lain keindahan Pegunungan Ijen. Menariknya lagi, tanaman bunga berwarna putih keunguan ini bukan sengaja ditanam. Melainkan menghampar liar, tak lama setelah para petani kentang ataupun kubis selesai melakukan panen.

Ya, bandotan, atau ageratum conyzoides, merupakan tanaman gulma yang biasa disebut warga sekitar dengan wedusan. Momen tumbuhnya tanaman indah yang tak ubahnya taman bunga di Pulau Jeju, Korea Selatan ini, hampir pasti tak pernah dilewatkan para pengunjung.

Bagi yang gemar berfoto, spot tanaman bunga musiman ini pasti akan menghasilkan gambar-gambar terbaik yang mungkin tidak banyak didapat di tempat lain. Setelah 2 bulan tumbuh secara masif, tanaman bunga ini akan berangsur-angsur mengering. Sehingga petani bisa kembali menanami lahan mereka.

"Munculnya mulai dari bulan 6 sampai bulan 9, tumbuhan ini akan mengering dengan sendirinya setelah bulan-bulan itu layu, lalu petani di sini mulai menanam kembali kentang sama kubisnya," ujar Teguh Ari Wijaya, Petugas TRC Dinas Pariwisata Bondowoso.

Jadi jangan sampai ketinggalan, masih ada waktu hingga beberapa minggu ke depan, jika ingin berkunjung dan merasakan sensasi berada di tengah kebun bunga indah ala Jeju, Korea Selatan.