VIDEO: Peringati Maulid Nabi, Warga Desa di Jember Gelar Tradisi Berebut Ancak

VIDEO: Peringati Maulid Nabi, Warga Desa di Jember Gelar Tradisi Berebut Ancak

Beragam tradisi digelar warga untuk menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Di Jember, Jawa Timur, warga desa menggelar tradisi berebut ancak, yakni semacam wadah nampan yang berisi makanan maupun buah-buahan, pada Rabu malam.

Meski berlangsung dalam suasana pandemi, tetapi hal itu tidak mengurangi makna peringatan maulid pada 2020. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 30 Oktober 2020.

Pandemi COVID-19 tidak mengurangi antusias warga Desa Ajung Wetan, Kecamatan Ajung, Jember, dalam memperingati perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Rabu malam.

Warga yang hadir membaca shalawat nabi secara bersama-sama, diiringi tabuhan musik hadrah. Seluruh warga yang hadir, khusyuk dan khidmat, membaca shalawat dan doa bersama di masjid desa setempat.

Uniknya, perayaan Maulid Nabi, diisi tradisi rebutan ancak. Aneka jenis makanan serta buah-buahan ditempatkan di dalam ancak, sejenis nampan terbuat dari pelepah pohon pisang, maupun jenis wadah lainnya. Tak lupa, warga juga menyiapkan beberapa lembar uang kertas, yang dipasangkan diatas ancak.

Puncak tradisi bernuansakan Islam ini, ditandai dengan aksi berebut ancak sebagai wujud suka cita menyambut hari kelahiran Rasulullah, sehingga menciptakan keseruan tersendiri.

Meski disayangkan, Pengurus Masjid mengaku kewalahan membendung antusiasme warga, yang sebagian di antaranya datang ke masjid tanpa mengenakan masker. Meski tradisi digelar masih dalam suasana pandemi, tetapi hal itu tidak sampai mengurangi makna peringatan maulid nabi pada 2020.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 November 2020, 16:20 WIB

Video Terkait

Spotlights