Sukses

7 Wisata Hutan Pinus di Jawa Timur yang Kekinian, Segar Khas Pegunungan

Di Jawa Timur, ada sejumlah hutan pinus yang menjadi destinasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta Hutan pinus kini menjadi salah satu objek wisata populer di Indonesia. Di berbagai daerah, hutan pinus merupakan destinasi menarik masyarakat. Hutan pinus bahkan disulap menjadi wisata kekinian yang begitu digemari.

Kebanyakan hutan pinus berada di daerah pegunungan. Di Jawa Timur, ada sejumlah hutan pinus yang menjadi destinasi wisata. Hutan pinus di Jawa Timur ini menawarkan sensasi wisata pegunungan yang sejuk, asri, dan segar.

Beragam wahana dan fasilitas juga sudah tersedia di hutan pinus ini. Hutan pinus di Jawa Timur juga tak kalah menawan dari hutan pinus di Lembang, Bandung atau di Bantul, Yogyakarta.

Berikut 7 hutan pinus di Jawa Timur paling hits, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Hutan Pinus Semeru

Hutan Pinus Semeru merupakan sebuah hutan pinus yang berada di Sumberputih, Wajak, Malang, Jawa Timur. Hutan ini berada di lereng Gunung Semeru. Hutan Pinus Semeru termasuk tujuan wisata kekinian yang ada di Malang.

Suasana di wisata hutan pinus ini sangat sejuk dan membuat wisatawan betah menghabiskan liburannya di sini. Pohon-pohon pinus yang mendominasi hutan ini membuat kawasannya terlihat indah dan asri sehingga cocok untuk berburu foto instagramable.

3 dari 8 halaman

Hutan Pinus Bendosari - Malang

Selain Hutan Pinus Semeru, di Malang juga ada Hutan Pinus Bendosari. Hutan ini memiliki hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada banyak aktivitas yang dapat dicoba disini seperti menyewa trail mini, menyewa hammoc, hingga berkemah serta jangan lupa mengabadikan momen liburanmu di hutan pinus yang instagramable ini.

Berlokasi di Dusun Cungkal, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Hutan Pinus Bendosari sangat cocok untuk melepas penat dan berekreasi. Letaknya kurang dari 100 meter dari jalan poros Malang-Kediri.

4 dari 8 halaman

Goa Pinus - Batu

Goa Pinus termasuk tujuan wisata kekinian di Kota Batu. Tak jauh dari lokasi Omah Kayu, wisata Batu Malang satu ini bisa jadi pilihan menarik untuk mencari spot foto. Tempat ini dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah gua bekas galian Jepang pada zaman dulu.

Di goa pinus, terdapat berbagai spot foto instagramable dengan latar belakang lanskap hutan pinus dan pegunungan yang asri. Udaranya yang segar dan sejuk bisa menjernihkan pikiran dan menenangkan tubuh.

5 dari 8 halaman

Hutan Pinus Nongko Ijo - Madiun

Hutan Pinus Nongko Ijo termasuk wisata hits yang ada di Madiun. Hutan ini berlokasi di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Di lokasi Hutan Pinus Nongko Ijo sudah terdapat banyak spot foto untuk selfie kekinian. Di sini terdapat rumah pohon, gardu pandang, ayunan, dan masih banyak lagi.

Hutan ini dinamakan Nongko Ijo karena saat awal lokasi ini ditanami pinus, terdapat pohon nangka hijau yang sangat besar. Fasilitas di Hutan Pinus Nongko Ijo sudah terbilang lengkap mulai dari tempat berkemah, kamar mandi umun, warung makan, hingga lahan parkir.

6 dari 8 halaman

Hutan Pinus Gogoniti - Blitar

Hutan Pinus Gogoniti berada di Kemirigede Krajan, Kemirigede, Kesamben, Blitar. Lokasi ini merupakan area berbukit dengan pohon pinus yang lebat, jalur hiking dan tempat menunggang kuda, serta tempat piknik. Objek wisata ini terbilang baru di Blitar, baru dibuka pada 2017 lalu.

Hutan Pinus ini memiliki sejumlah spot menarik untuk berfoto kekinian. Spot foto ini seperti gembok cinta, gardu pandang, rumah pohon, dan ornamen bambu. Di sini wisatawan juga bisa mencoba berkeliling menunggang kuda.

7 dari 8 halaman

Bukit Pinus Wonosalam - Jombang

Bukit Pinus Wonosalam berada di Desa Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang. Hutan pinus ini berada di kaki Gunung Anjasmoro. Wisata ini juga termasuk destinasi di Kabupaten Jombang.

Sama seperti wisata hutan pinus lainnya, Bukit Pinus Wonosalam menawarkan rekreasi ala pegunungan yang sejuk. Terdapat banyak spot foto, tempat bersantai, dan fasilitas umum yang memadahi.

8 dari 8 halaman

Kampoeng Pinus Sarangan - Magetan

Tak jauh dari Telaga Sarangan, Magetan, terdapat sebuah wahana wisata hutan pinus yang menarik dikunjungi. Kampoeng Pinus Sarangan merupakan wahana wisata yang dikelola khusus untuk rekreasi.

Kampoeng Pinus Sarangan menawarkan rekreasi alam, outbond, atraksi offroad, dan beragam aktivitas alam lainnya. Terdapat juga lokasi berkemah bagi yang ingin merasakan bermalam di suasana pegunungan yang segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.