Sukses

VIDEO: 41 Pasien Sembuh dari COVID-19 di Pasuruan Usai Jalani Isolasi 17 Hari

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cerita menarik dari pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19. Di Pasuruan, Jawa Timur, 41 pasien sembuh usai menjalani isolasi 17 hari. Kesembuhan mereka diyakini karena rutin minum sari buah atau probiotik.

Raut wajah gembira terpancar dari 41 orang pasien positif COVID-19, yang telah dinyatakan sembuh oleh tim medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Pasuruan.

Selama hampir 17 hari, 41 pasien ini harus menjalani karantina  di sebuah penginapan khusus di kawasan wisata alam Prigen, yang disediakan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Mereka merupakan pasien positif Covid-19 dari klaster sebuah perusahaan pengolahan ikan Gempol Pasuruan, Klaster Asrama Haji Sukolilo Surabaya, serta klaster rumahan. Demikian dilansir pada Liputan6, 9 Juli 2020.

Usai menyerahkan surat keterangan sehat dan hasil tes swab kepada para pasien, Bupati yang juga Ketua Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, pihak Gugus Tugas sengaja memberikan tambahan gizi berupa sari buah atau probiotik kepada pasien, sebagai upaya untuk mempercepat penyembuhan.

"Ya ini upaya, ikhtiar selain kita berikan terapi vitamin c dan juga ada probiotik yang ini merupakan upaya kita agar ada percepatan semua, tapi tetep setelah kita lakukan terapi probiotik, kita swab lagi dan Alkhamdulillah hasilnya negatif," ujar Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan.

Dengan kesembuhan 41 pasien ini, jumlah total pasien sembuh di Pasuruan hingga Rabu siang menjadi 124 orang, sementara masih ada 391 orang yang terkonfirmasi positif, 300 orang pasien dalam pengawasan (PDP), 1.369 orang dalam pemantauan (ODP), dan 979 orang tanpa gejala (OTG).