Sukses

Sambut Akhir Pekan, Yuk Simak Deretan Kabar Baik dari Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Jawa Timur terus bertambah. Pada pekan ini, total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 14.054 orang.

Ada tambahan pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 445 orang pada Kamis, 30 Juli 2020 sehingga total menjadi 14.054 orang.

Meski demikian, pasien positif COVID-19 masih bertambah. Pada Jumat, 31 Juli 2020, ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 317 orang menjadi 22.089 orang. Pasien sembuh bertambah 351 orang menjadi 14.415 orang di Jawa Timur. Di satu sisi, pasien meninggal bertambah 21 orang menjadi 1.698 orang.

Pada pekan ini juga satu keluarga di Surabaya, Jawa Timur dinyatakan sembuh dari COVID-19. Satu keluarga tersebut menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.  Kesembuhan satu keluarga di Surabaya ini pun mendapatkan sambuhan dari para tetangga.

Mafulah Hamnom menuturkan, awalnya ibu yang terpapar COVID-19 dengan keluhan pusing dan sesak nafas. Saat diperiksa di rumah sakit, barulah diketahui bila ibunya positif COVID-19.

Tak berselang lama, kakak dan dirinya ternyata juga positif COVID-19. Setelahnya, mereka menjalani isolasi mandiri di rumah. Beruntung bagi keluarga ini, tetangga sekitar memberi dukungan dan semangat, dengan menyalurkan makanan setiap hari.

Selain kabar pasien sembuh dari Corona COVID-19, dua orang putra-putri asal Jawa Timur meraih predikat lulusan terbaik IPDN Angkatan XXVII. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan selamat kepada lulusan terbaik Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXVII asal Jawa Timur.

"Pada program strata 1 Ilmu Pemerintahan, Kartika Pradnya Utama diraih oleh Novawan Ristara S.IP asal pendaftaran Kab.Tulungagung Prov.Jatim dengan IPK 3.78. Sedangkan pada program Diploma IV Sarjana Sains Terapan Pemerintahan, Kartika Astha Brata diraih oleh Ainun Ma’rifah, S.STP asal pendaftaran Kab. Jombang dengan IPK 3.78," tulis dia lewat akun instagramnya @khofifah.ip.

Berikut sejumlah kabar baik pada pekan ini dari Jawa Timur yang dirangkum pada Sabtu, (1/8/2020):

2 dari 14 halaman

Universitas Airlangga Bebaskan UKT bagi 2.395 Mahasiswa

Universitas Airlangga (UNAIR) membuat kebijakan khusus uang kuliah tunggal (UKT) semester gasal 2020/2020.

Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Prof Nasih menuturkan, hal ini untuk membantu mahasiswa agar tetap bisa belajar dengan lancar.

Salah satu kebijakan khusus tersebut dengan membebaskan uang kuliah tunggal bagi 2.395 mahasiswa. Mereka adalah para mahasiswa yang masuk semester 3,5 dan 7.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 14 halaman

84.000 Keluarga di Gresik Siap Terima Jaring Pengaman Sosial

Pemkab Gresik segera mencairkan jaring pengaman sosial bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengantisipasi dampak sosial akibat pandemi Covid-19. Pencarian untuk 84.000 keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Gresik akan dilakukan Selasa, 28 Juli 2020.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Gresik Darman mengatakan rencananya mulai besok juga akan dipindahbukukan dana itu dari rekening daerah ke rekening Dinas Sosial. Sedangkan terkait pendataan yang kurang tepat sasaran, Darman menyarankan masyarakat untuk langsung melapor ke Inspektorat.

"Silakan koordinasi ke pemerintahan desa untuk lebih jelasnya dan jika ada kesalahan masyarakat bisa langsung melapor ke Inspektorat," ujar Darman, seperti yang dikutip dari Antara, Senin, 27 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 14 halaman

Mau Bikin Rumah di Surabaya? Cara Urus Izin Pembangunan Bisa Lewat Daring

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang mengumumkan perihal pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) khusus bangunan rumah tinggal.

Izin pendirian bangunan yang dimaksud maksimal 2 lantai dengan luas bangunan kurang lebih 500 meter persegi. Dengan biaya pengurusan Rp 804 per meter persegi. Sedangkan untuk penggambaran, petugas tidak memungut biaya, dilansir dari surabaya.go.id, Selasa, 28 Juli 2020.

Dengan mengurus izin bangunan khusu rumah tinggal dapat menambah keuntungan bagi warga, di antaranya akan menambah nilai jual, mendapat jaminan kredit bank, meningkatan status tanah, info peruntukan dan rencana jalan serta mendapat legalitas bangunan.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 14 halaman

Polsek Puncu Kediri Sediakan Layanan Wifi Gratis untuk Pelajar

Kepolisian Sektor Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memberikan fasilitas wifi gratis bagi para siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar yang digelar secara dalam jaringan (daring) atau online saat pandemi COVID-19.

Kapolsek Puncu AKP Bowo Wicaksono mengemukakan ide untuk memberikan layanan fasilitas wifi gratis untuk pelajar muncul saat dirinya dengan anggota sedang melakukan patroli di sejumlah kawasan lereng Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut).

"Saat itu banyak anak usia sekolah yang dibonceng orangtuanya turun ke desa terdekat dari lereng gunung. Saat itu saya sempat tanya mengapa dan mereka menjawab mengantarkan anaknya untuk mencari jaringan internet di warung yang ada wifi-nya," ujar dia di Kediri, Selasa, 28 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 14 halaman

24 Anggota Satreskrim Polres Tanjung Perak Surabaya Dapat Penghargaan dari Risma

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memberikan penghargaan kepada 24 anggota Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak sebagi apresiasi atas kinerja tim.

Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan tim dalam mengungkap kasus pedofilia atau kejahatan pelecehan anak di bawah umur beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Risma menuturkan tim Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak telah membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mengatasi masalah anak yang kerap kali terjadi di kota-kota besar.

Berita selengkapnya baca di sini

7 dari 14 halaman

Dispendukcapil Surabaya Buka Layanan Khusus Perekaman Baru KTP Elektronik

Setelah hampir empat bulan diliburkan, pelayanan khusus perekaman baru Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, Mal Pelayanan Publik Siola kembali dibuka, Rabu, 29 Juli 2020.

Hal ini menyusul hasil evaluasi dan penyiapan standar protokol kesehatan saat proses perekaman KTP elektronik tersebut.

Kepala Dispendukcapil Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan, sejak awal pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meliburkan semua layanan yang mengharuskan terjadinya tatap muka langsung antara warga dengan petugas. Salah satunya adalah proses perekaman baru KTP elektronik atau bagi warga yang belum pernah melakukan perekaman.

Berita selengkapnya baca di sini

8 dari 14 halaman

Jatim Sumbang Tambahan Pasien Sembuh COVID-19 Terbanyak pada 30 Juli 2020

Jawa Timur (Jatim) kembali mencatatkan pasien sembuh dari COVID-19 lebih banyak dari kasus baru positif COVID-19 pada Kamis, 30 Juli 2020.

Ada tambahan pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 445 orang menjadi 14.054 orang di Jawa Timur. Tambahan pasien sembuh dari COVID-19 itu termasuk terbanyak secara harian di Indonesia.

Kemudian disusul tambahan terbanyak harian pasien sembuh dari COVID-19 di Jawa Tengah mencapai 377 orang dan Jawa Barat sebanyak 334 orang. Demikian mengutip laporan media harian COVID-19 30 Juli 2020 pukul 12.00 WIB.

Berita selengkapnya baca di sini

9 dari 14 halaman

Pemprov Jatim Perpanjang Diskon Pajak Kendaraan Bermotor hingga 31 Agustus 2020

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memperpanjang  kebijakan pembebasan denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dari semula ditetapkan berlaku mulai 2 April 2020-31 Juli 2020, menjadi hingga 31 Agustus 2020. Diskon diberikan kepada pemilik kendaraan pribadi dan badan usaha.

Tidak hanya itu, Khofifah juga membebaskan sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Berita selengkapnya baca di sini

10 dari 14 halaman

858.603 Pelanggan PLN Jatim Terima Program Pembebasan Rekening Minimum

Sedikitnya 858.603 pelanggan PT PLN golongan sosial, bisnis, dan industri dengan daya mulai dari 1.300 VA ke atas di wilayah Jawa Timur menerima program stimulus tarif tenaga listrik (TTL) dari pemerintah berupa pembebasan rekening minimum.

Manajer Komunikasi PLN UID Jatim Fenny Nurhayati mengatakan ratusan ribu pelanggan itu menerima stimulus apabila pemakaian pelanggan di bawah kWh minimum, dan pelanggan cukup membayar sesuai pemakaian kWh, di Surabaya, Kamis, 30 Juli 2020.

Ia menuturkan, selama ini pelanggan sosial, bisnis, dan industri dengan daya mulai dari 1.300 VA ke atas akan ditagih berdasar rekening minimum jika pemakaiannya di bawah ketentuan.

Berita selengkapnya baca di sini

11 dari 14 halaman

VIDEO: Satu Keluarga di Surabaya Sembuh dari COVID-19 Setelah Isolasi Mandiri

Pasien sembuh COVID-19 di Surabaya terus bertambah. Sementara satu keluarga terdiri dari ibu dan dua anaknya, juga dinyatakan sembuh, setelah menjalani isolasi mandiri 14 hari.

Menurut pasien sembuh, penerapan protokol kesehatan ketat, dan menjaga imun tubuh adalah kunci kesembuhan dari COVID-19.

Mafulah Hamnom tak bisa menutupi kebahagiaannya di depan para warga perumahan di Surabaya, Jawa Timur. Ia dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah hasil dua kali swab test yang menunjukkan hasil negatif. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 30 Juli 2020.

Tak hanya dirinya yang sembuh, ibu dan kakaknya juga sembuh. Kesembuhan satu keluarga ini pun mendapat sambutan dari para tetangga.

Berita selengkapnya baca di sini

12 dari 14 halaman

Pemkot Fasilitasi Tes Cepat COVID-19 bagi Santri di Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) meminta para santri, ustadz serta orang-orang yang beraktivitas di pondok pesantren untuk menjalani rapid test atau tes cepat COVID-19 terlebih dahulu sebelum kembali ke pondok.

"Jadi, nanti semuanya harus di rapid test dulu, semuanya tanpa terkecuali, kita sediakan gratis nanti, kita fasilitasi. Bahkan kalau perlu, orangtua santri yang mengantar ke pondok juga harus dites," kata Wali Kota Risma saat menerima kunjungan dari jajaran Pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya di Balai Kota Surabaya, Kamis, 30 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, jika nanti ditemukan ada yang reaktif ketika tes cepat, akan dites swab dan akan diisolasi dulu sembari menunggu hasil tes swabnya. Kemudian, jika santri itu sudah negatif atau sudah sembuh, akan dikembalikan lagi ke pondok pesantren.

Berita selengkapnya baca di sini

13 dari 14 halaman

Lulusan Terbaik IPDN Angkatan XXVII asal Jatim, Khofifah Sampaikan Selamat

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan selamat kepada lulusan terbaik Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXVII asal Jawa Timur.

Ia menyampaikan hal itu lewat akun instagram @khofifah.ip seperti dikutip pada Jumat, 31 Juli 2020.

Khofifah mengunggah foto dua lulusan terbaik IPDN angkatan XVII yaitu Novawan Ristara S.IP dan Ainun Ma’rifah. Ia menulis dua orang putra-putri asal Bumi Majapahit, Jawa Timur yang berhasil meraih predikat lulusan terbaik IPDN Angkatan XXVII.

Berita selengkapnya baca di sini

14 dari 14 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini